Steam Chocolate Cake No Mixer by Abnida Pohan



by Abnida Pohan

Ini resep aku dapat dari blog nya jtt (just try and taste) , rasanya moist banget, cokelatnya dapet, lembut dan ringan, meskipun nggk sama kayak yg di jual di bakery sih, tp rasa teteup ok ! :-)


Hasil jadi: 1 loyang
Bahan-bahan
110 gram tepung terigu
170 gram margarin/ mentega
2 butir telur kocok lepas
susu cair 200 ml (boleh uht, boleh skm yg dicairkan)
150 gram gula halus (gula pasir yg diblender)
50 gram cokelat bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda atau ganti dengan menambah bp mnjd 1 1/4 sdt
1/4 sdt vanili bubuk
topping :
150 gram dcc
50 gram mentega/margarin
50 ml susu cair
secukupnya meses


Langkah

Cairkan margarin, gula halus dan susu cair dengan memanaskan nya didalam panci. Tidak perlu samapi mendidih. Jika sudah mencair, dinginkan.
Panaskan kukusan, dan lapisi tutup nya dengan kain agar tidak jatuh ke dalam adonan. Sembari itu, olesi loyang dengan mentega/margarin dan taburi tepung terigu.
Ayak tepung terigu, bubuk cokelat, vanili, bp dan bs.
Jika mentega cair,susu dan gula yg telah dicairkan dingin, tambahkan telur dan aduk rata
Tuang telur tsb kedalam ayakan tepung, sambil di aduk pelan dan lembut, namun jangan over mixing. Yg penting Adonan basah semua dan adonan tidak terlalu kental.
Tuang adonan kedalam loyang dan kukus selama 45 menit. Jgn membuka tutup saat proses mengukus. Sebelum memasukkan ke dandang, hentakkan loyang pelan.
Sembari itu, cairkan mentega, susu cair, dan dcc untuk topping.dinginkan
Jika cake telah matang, dinginkan. Pastikan cake bener bener dingin (jika tidak, cake akan patah saat dikeluarkan). keluarkan dari loyang dan siram dengan dcc yg telah dicairkan. Taburi meses diatas siraman dcc. Potong kue dan sajikan




Popular Posts

Followers